SKL
FISIKA SMA 2013
25. FISIKA SMA/MA (PROGRAM
IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami prinsip-prinsipmengukuran
besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan
objektif.
|
Membaca hasil pengukuran suatu
alat ukur danmenentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka
penting.
|
Menentukan besar dan arah vektor
sertamenjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
|
||
2.
|
Memahami gejala alam danketeraturannya
dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi,
elastisitas, impuls, momentum dan masalah Fluida.
|
Menentukan besaran-besaran fisis
gerak lurus, gerakmelingkar beraturan, atau gerak parabola
|
Menentukan berbagai besaran dalam
hukum Newtondan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
dinamika rotasi(torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya
berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
|
||
Menentukan hubungan usaha dengan
perubahanenergi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran
yang terkait.
|
||
Menjelaskan pengaruh gaya pada
sifat elastisitasbahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep
elastisitas.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
yang terkaitdengan hukum kekekalan energi mekanik.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalanmomentum.
|
||
Menjelaskan hukum-hukum yang
berhubungandengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
3.
|
Memahami konsep kalor dan
prinsipkonservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang
menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya mesin kalor.
|
Menentukan pengaruh kalor terhadap
suatu zat,perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah.
|
Menjelaskan persamaan umum gas
ideal padaberbagai proses termodinamika dan penerapannya.
|
||
Menentukan besaran fisis yang
berkaitan denganproses termodinamika pada mesin kalor.
|
||
4.
|
Menganalisis konsep dan
prinsipgelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan
produk teknologi.
|
Menentukan ciri-ciri dan besaran
fisis padagelombang.
|
Menjelaskan berbagai jenis
gelombangelektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
yang terkaitdengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
pada peristiwainterferensi dan difraksi.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
yang berkaitandengan peristiwa efek Doppler.
|
||
Menentukan intensitas atau taraf
intensitas bunyipada berbagai kondisi yang berbeda.
|
||
5.
|
Memahami konsep dan
prinsipkelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai
penyelesaian masalah.
|
Menentukan besaran-besaran fisis
yangmempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
|
Menentukan besaran fisis fluks,
potensial listrik, atauenergi potensial listrik, serta penerapannya pada
kapasitas keping sejajar.
|
||
Menentukan besaran-besaran listrik
pada suaturangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
|
||
Menentukan induksi magnetik di
sekitar kawatberarus listrik.
|
||
Menentukan gaya magnetik (gaya
Lorentz) padakawat berarus listrik atau muatan listrik yang bergerak dalam
medan magnet homogen.
|
||
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi GGLinduksi atau prinsip kerja transformator.
|
||
Menjelaskan besaran-besaran fisis
pada rangkaianarus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan
kapasitor.
|
||
6.
|
Memahami konsep dan
prinsipkuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menjelaskan berbagai teori atom.
|
Menjelaskan besaran-besaran fisis
terkait denganperistiwa efek foto listrik/efek Compton.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
terkait denganteori relativitas.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
pada reaksi inti atom.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan zat
radioaktif dalamberbagai aspek kehidupan.
|
0 komentar:
Posting Komentar