Diberdayakan oleh Blogger.

Pages


Popular Posts

Blogger templates

RSS
Container Icon

SKL FISIKA

SKL FISIKA SMA 2013
25.  FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami prinsip-prinsipmengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan objektif.
Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur danmenentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
Menentukan besar dan arah vektor sertamenjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
2.
Memahami gejala alam danketeraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum dan masalah Fluida.
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerakmelingkar beraturan, atau gerak parabola
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newtondan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi(torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
Menentukan hubungan usaha dengan perubahanenergi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitasbahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkaitdengan hukum kekekalan energi mekanik.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalanmomentum.
Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungandengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Memahami konsep kalor dan prinsipkonservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya mesin kalor.
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat,perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah.
Menjelaskan persamaan umum gas ideal padaberbagai proses termodinamika dan penerapannya.
Menentukan besaran fisis yang berkaitan denganproses termodinamika pada mesin kalor.
4.
Menganalisis konsep dan prinsipgelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis padagelombang.
Menjelaskan berbagai jenis gelombangelektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkaitdengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwainterferensi dan difraksi.
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitandengan peristiwa efek Doppler.
Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyipada berbagai kondisi yang berbeda.
5.
Memahami konsep dan prinsipkelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah.
Menentukan besaran-besaran fisis yangmempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atauenergi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar.
Menentukan besaran-besaran listrik pada suaturangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
Menentukan induksi magnetik di sekitar kawatberarus listrik.
Menentukan gaya magnetik (gaya Lorentz) padakawat berarus listrik atau muatan listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGLinduksi atau prinsip kerja transformator.
Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaianarus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
6.
Memahami konsep dan prinsipkuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan berbagai teori atom.
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait denganperistiwa efek foto listrik/efek Compton.
Menentukan besaran-besaran fisis terkait denganteori relativitas.
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
Menjelaskan pemanfaatan zat radioaktif dalamberbagai aspek kehidupan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar